Topan Vongfong Mengamuk di Jepang

Topan Vongfong Mengamuk di Jepang

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Topan Vongfong bergejolak di Jepang pada hari Sabtu, melukai belasan orang karena menyapu hampir sebagia pulau Okinawa selatan dengan angin ganas dan hujan lebat.

Tingkat hembusan hingga 234 kilometer per jam, topan itu bergerak ke utara sangat lambat, pada 10 kilometer per jam. Vongfong diperkirakan akan mencapai pulau utama Jepang selatan Kyushu pada Senin pagi setelah menyapu Okinawa.

Okinawa telah mengalami hembusan dan hujan lebat, yang menyebabkan pemadaman listrik di lebih dari 17.000 rumah penduduk.

Sedikitnya 12 orang terluka di prefektur, termasuk seorang pria yang jarinya terpotong setelah kejatuha pintu yang ambruk karena angin kencang.

Stasiun televisi NHK mengatakan beberapa lainnya terluka, termasuk seorang gadis sembilan tahun yang juga terjebak didalam rumah. Citra satelit dari Vongfong menunjukkan mata sempurna formed di tengah berputar-putar dan membentuk awan raksasa.

Topan itu terjadi hanya seminggu setelah badai tropis lain yang begitu dahsyat, dan menyisakan 11 orang tewas atau hilang di negara rawan bencana alam tersebut.

Gempa 6.1 mengguncang Jepang utara pada hari Sabtu, dua minggu setelah gunung berapi di bagian tengah Nusantara meletus tanpa peringatan, menewaskan sedikitnya 55 pejalan kaki. Pada akhir Agustus hujan di Hiroshima barat Jepang memicu tanah longsor besar dan menewaskan lebih dari 70 orang yang rumahnya tertimbun tanah dan terjebak didalamnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: