Uni Eropa Jalin Hubungan dengan ASEAN

Uni Eropa Jalin Hubungan dengan ASEAN

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Uni Eropa (UE) akan meningkatkan hubungan dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Olof Skoog, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei dan ASEAN mengatakan bahwa negara-negara asosiasi Eropa bisa mendatangkan pengalaman tentang bagaimana negara-negara dapat mengintegrasikan dan membangun pertumbuhan ekonomi bersama-sama.

“Saya pikir apa yang ASEAN sedang cari di Uni Eropa adalah untuk belajar dari pengalaman itu, tidak membuat kesalahan yang pernah kita lakukan, tetapi juga terinspirasi oleh hal-hal yang berhasil kita capai,” katanya Jumat, 10 Oktober.

Menurut Skoog, ada tantangan yang perlu diatasi sebelum Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 dimulai, termasuk perbedaan besar dalam tingkat pembangunan antar negara-negara anggotanya.

“Di satu sisi, Singapura sangat memajukan perekonomian dengan GDP tinggi, sangat canggih dalam banyak cara. Di sisi lain, ada juga Laos, yang sangat jauh di atas skala pengembangan,” katanya.

Oleh karena itu, Uni Eropa bekerja pada membawa negara-negara terbelakang seperti Kamboja, Laos dan Myanmar ke tingkat pengembangan yang lebih tinggi sehingga mereka dapat bersaing dengan negara-negara anggota lainnya.

“Kami akan memiliki sejumlah besar kerjasama. Kita berbicara tentang € 3000000000 didedikasikan untuk negara-negara ini untuk beberapa tahun ke depan,” tambah Skoog.

Untuk lebih menunjukkan komitmen mereka, Uni Eropa juga akan memiliki duta khusus untuk ASEAN. Skoog mengatakan bahwa serikat melihat sebuah hubungan yang lebih strategis, politik dan lebih ambisius dengan ASEAN.

[EniGayoe/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok