JK Hadiri Kuliah Umum di Universitas Gunadarma Depok

JK Hadiri Kuliah Umum di Universitas Gunadarma Depok

HarianDepok.com – Berita , Wakil presiden terpilih Jusuf Kala, menceritakan bagaimana ia mampu memenangkan debat dengan Hatta Rajasa, pada tanggal 6 Juli dalam debat capres dan cawapres. JK mengatakan kepada sejumlah mahasiswa ketika mengisi kuliah umum di Kampus D Universitas Gunadarma, Depok, Kamis (9/10).

Kuliah umum bertema “Strategi Komunikasi Dalam Kepemimpinan Nasional” tersebut, JK mengaku bisa mendiskreditkan Hata karena banyak membaca dan berfikir cepat.

“Jika Anda ingat dalam debat presiden terakhir, mengapa terkenal Kalpataru, itu adalah topik yang populer. Ini strategi komunikasi dalam kaitannya dengan mempengaruhi orang,” katanya.

Dalam debat 6 Juli lalu, Hata mencoba untuk mendiskreditkan JK dengan pertanyaan mengapa di Solo, saat dipimpin Jokowi, tak pernah mendapatkan Kalpataru.

JK yang ditanya justru membalas balik Hatta, dengan mengatakan bahwa Hatta salah bertanya. Kalpataru merupakan penghargaan untuk individu atau kelompok yang telah memberi kontribusi pada pelestarian lingkungan. Sementara penghargaan untuk sukses dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan kota yang bersih adalah Adipura.

JK mengatakan, perdebatan akademis sangat berbeda dari debat politik. Perdebatan akademis, kata politisi Partai Golkar, adalah mencari kebenaran.

“Sebagai contoh, jika Anda berbicara komunikasi, Anda berbicara tentang komunikasi yang baik, teknik fisika, betapa indahnya teori matematika, mencari kesamaan, perdebatan akademis,” katanya.

Sementara perdebatan politik, kata JK, adalah mencari kesalahan orang lain dan merusak elektabilitasnya, jadi sepertinya memahami cara berkomunikasi memang penting.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)