SBY Berikan Penghargaan Adipurna Pada Filipina dan Timor Leste

SBY Berikan Penghargaan Adipurna Pada Filipina dan Timor Leste

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menganugerahkan Adipurna Award kepada Presiden Filipina Benigno Simeon Aquino III dan Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao di sela-sela acara Bali Democracy Forum (BDF).

Staf Khusus Presiden Hubungan Internasional Teuku Faizasyah menyatakan pada hari Kamis bahwa bintang Adipurna adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk setiap negarawan asing dan akan diberikan pada pemimpin kedua negara sahabat, terutama didasarkan pada jasa-jasa mereka untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia.

Gusmao dan Benigno juga dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam BDF VII yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada 10-11 Oktober. Presiden Filipina akan memimpin forum bersama dengan Presiden Yudhoyono.

“Kehadiran Presiden Filipina sebagai co-ketua VII BDF memiliki arti tersendiri, mengingat bahwa Filipina adalah salah satu negara yang paling awal di kawasan ini yang telah menerapkan sistem demokrasi. Jadi, banyak hal dapat belajar dari pengalaman yang diperoleh oleh Filipina,” ujar Faizasyah.

Menurut Faizasyah, acara tersebut mencerminkan optimisme bersama bahwa demokrasi sejati terus tumbuh di kawasan Asia-Pasifik, baik dalam konteks perkembangan di tingkat domestik negara dan dalam lingkup kerjasama dalam organisasi di daerah.

BDF merupakan forum yang dirancang untuk bertukar pandangan dan pengalaman terbaik dalam mempromosikan demokrasi di satu negara atau wilayah.

“Sebagai sebuah proses dinamis, demokrasi, terutama di negara-negara yang berada di bawah konsolidasi demokrasi, terus mencari bentuk terbaik, dan oleh karena itu, forum ini akan menawarkan kemungkinan platform yang seluas-luasnya bagi para peserta untuk belajar dari satu sama lain, bahkan untuk Indonesia,” Faizasyah menekankan.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: