Jero Wacik Penuhi Panggilan KPK Kamis Pagi

Jero Wacik Penuhi Panggilan KPK Kamis Pagi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengintrogasi mantan Menteri Energi Jero Wacik, yang telah disebutkan dalam kasus korupsi dan dugaan kasus pemerasan.

“Sebagai warga negara Indonesia, saya memberikan penampilan pribadi untuk memenuhi panggilan KPK untuk dimintai keterangan dalam kasus,” kata Jero setelah tiba di kantor KPK, Kamis (9/10).

Namun, Jero menolak untuk berbicara tentang korupsi dan pemerasan tuduhan terhadap dirinya.

“Nanti, setelah pemeriksaan, saya akan menjelaskannya kepada Anda,” kata Jero di kantor KPK.

KPK telah menetapkan nama Jero Wacik dalam kasus pemerasan di mana ia diduga mengumpulkan Rp9,9 miliar selama masa jabatannya 2011-2012.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh badan anti korupsi, Jero memerintahkan stafnya untuk menghasilkan dana tambahan untuk memenuhi biaya operasional dirinya. Staf Jero kemudian melakukan kegiatan palsu dan berhasil mendapatkan beberapa sponsor.

Jero diduga memeras uang dari berbagai pihak dengan mengutip bahwa anggaran operasional disisihkan untuk menteri energi dan sumber daya mineral untuk periode 2011-13 kurang dari alokasi selama periode 2004-2011, ketika ia menjabat sebagai menteri pariwisata dan energi kreatif.

Sebelumnya, pada hari Rabu, KPK mengintrogasi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, yang merupakan saksi dalam kasus tersebut.

“Saya di sini bukan sebagai saksi tapi sebagai mitra diskusi untuk penyidik ??KPK,” kata Sapta, yang mengaku bahwa ia ditanya tentang uang operasional standar yang diberikan kepada menteri.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: