WHO : Ebola Nyaris Tewaskan 4.000 Orang

WHO: Ebola Nyaris Tewaskan 4.000 Orang

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Rabu bahwa saat ini wabah Ebola adalah yang terburuk dalam sejarah. Virus mematikan telah menewaskan 3.879 orang di seluruh Afrika Barat, dari kasus tercatat total 8.033 per 5 Oktober 2014, dengan tidak ada tanda-tanda penyembuhan.

Liberia dan Sierra Leone, dua negara paling parah, masih hanya memiliki 21 dan 26 persen dari tempat penampungan yang diperlukan untuk mengobati pasien Ebola. WHO mengatakan bahwa tetangga dekat mereka telah diberitahu dan diminta untuk mempersiapkan transmisi kemungkinan lintas batas.

Pada catatan yang lebih positif, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa wabah ini bisa dikendalikan jika negara-negara anggota akan bekerja sama untuk segera membangun pusat medis darurat di Afrika Barat, terutama di daerah yang paling parah.

“Jika kita dapat mengurangi tingkat penularan langsung oleh 70 persen, wabah Ebola ini akan berakhir,” ucap Dr David Nabarro, koordinator senior PBB di Misi Ebola Tanggap Darurat.

Guinea, Liberia, dan Sierra Leone tiga daerah paling parah, tetapi kasus juga dilaporkan terjadi di Senegal dan Nigeria.

Dr Nabarro juga menyambut upaya AS, Inggris, Republik Demokratik Kongo, Uganda, Uni Afrika (AU) dan negara-negara lain dan organisasi yang telah membantu mendirikan pusat-pusat perawatan darurat dan apotik medis di daerah bencana. Dia meminta seluruh dunia untuk membantu dengan memerangi penyakit hemoragik mematikan ini.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: