ISIS Kibarkan Bendera di Kobani

ISIS Kibarkan Bendera di Kobani

HarianDepok.com – Berita – Internasional ,  Militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah mengangkat bendera mereka di kota perbatasan Kobani, terletak di saudara antara Suriah dan Turki, sebagai bukti bahwa mereka telah menduduki daerah. Pasukan Kurdi, yang telah memerangi militan di tiga minggu terakhir, kewalahan oleh serangan ISIS.

“ISIS menyerang dari tiga sisi dan mereka mendorong ke kota. Kami berjuang kembali,” kata Ojlan Esso, juru bicara pasukan Kurdi di Kobani, pada Rabu 8 Oktober 2014.

Pasukan Kurdi mengklaim mereka telah menangkis tanah ISIS dan melakukan serangan udara. Ojlan menyalahkan kekalahan pada pemerintah Turki untuk tidak mengizinkan para pejuang Kurdi untuk memasuki wilayah perbatasan dan bergabung dalam pertempuran di Kobani.

“Mereka pasti sudah terlalu sedikit, dan sebenarnya ini adalah peluang yang bagus untuk memberantas para militias ISIS yang sering berprilaku barbar itu,” kata Jenny Cafarella, seorang analis Suriah di Institut Washington, DC berbasis untuk Studi Perang, pada Kamis (10/9) kemarin.

Amerika Serikat juga disalahkan atas kekalahan saat pasukan AS tidak memberikan kontribusi banyak dalam menghentikan militan ISIS.

“Serangan yang tidak dikoordinasikan dengan tujuan,” kata Andrew Tabler, seorang rekan senior di Institut Washington.

ISIS telah menggedor Kobani sejak awal Oktober. Menurut Kurdi Uni Demokratik Partai, ISIS menggunakan tank dan mortir untuk mengambil alih Kobani sejak memasuki Mostanour luar Kobani.

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: