Pemulung Serbu Sisa Bangunan di Terminal Depok

Pemulung Serbu Sisa Bangunan di Terminal Depok

HarianDepok.com – Berita , Pemkot Depok telah menghancurkan 150 kios dan 80 kios milik PKL di Terminal Depok. Sekarang, sisa reruntuhan dari kios tersebut, diserbu para tukang besi. Mereka mengambil besi-besi bekas bangunan yang sudah hancur berkeping-keping, dan masih bisa untuk dijual kiloan.

Seperti yang telah dilakukan Suwirio, Rabu (8/10) lalu. Penuh semangat, ia menyisir puing-puing bekas reruntuhan kios akibat dibongkar paksa oleh alat berat. Satu per satu besi-besi bekas dilokasi dikumpulkannya hingga menumpuk.

Jika ia mendapatkan besi yang masih baik, maka ia akan mendapat banyak keuntungan.

“Kita pilih yang masih bagus saja, ya lumayanlah buat dijual lagi. Buat nambah-nambah beli beras. Ini satunya Rp 4.000,” kata Suwiryo saat tengah sibuk mencari besi di Terminal Depok, Rabu (8/10).

Besi-besi tiang penyangga tersebut masih menempel dengan semen tebal, tidak mengherankan terasa berat di tangannya. Namun, meski berat karena masih menempel dengan semen, tak menyurutkan semangat Suwiryo dalam memisahkan semen dari besinya.

Sebelum membawa pulang, ia memecahkan semen tersebut dan diambil besinya menggunakan palu kecil untuk memisahkan besi dari semen.

“Ini banyak yang sebenarnya masih bagus, tapi kita harus menghancurkan betonannya supaya tidak berat,” katanya.

Selain Suwiryo, ada juga puluhan tukang besi dan pemulung yang ikut menyisir puing-puing kios di terminal Depok. Mereka mencoba untuk mencari barang bekas reruntuhan yang masih layak.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: