Pemkot Depok Ajak Warganya Ikut Mengelola Limbah

Pemkot Depok Ajak Warganya Ikut Mengelola Limbah

HarianDepok.com – Berita , Masyarakat perlu memahami bagaimana cara pengolahan dan pengelolaan limbah domestik yang komprehensif, melalui program PPSP.

Dalam hal ini, Bappeda Depok mengadakan lokakarya soal pengolahan air limbah domestik di Gedung Balai Kota, Kamis (10/09). Alasan diadakannya workshop ini melihat ada banyak orang yang tidak seharusnya dalam melaksanakan pengolahan limbah rumah tangga, seperti melempar sampah di saluran pembuangan sampah, buang air besar disembarang tempat, jamban yang dibuat asal, dan pembuangan kotoran secara liar.

“Masih banyak orang mencuci dan mandi di sungai tercemar,” kata Herni, sub bidang Bappeda.

Workshop ini akan menyerap saran dari kelurahan atau warga dalam kaitannya dengan instalasi pengolahan air limbah domestik, sehingga pada Musyawarah Rencana Pembangunan 2015 nanti akan memprioritaskan masalah air limbah.

“Diperlukan kontribusi positif dari masyarakat untuk pengolahan air limbah domestik,” kata Herni.

Sementara itu, Jani Ahmad, pembicara dari Dinas Kebersihan dan Pertanaman Cimahi mengatakan bahwa Kota Cimahi dalam perencanaan pengelolaan sampah dan aspek anggaran masyarakat, dalam rangka untuk memberikan pemahaman tentang rencana yang disiapkan diterima oleh warga. Senua terkait dengan layanan sanitasi langsung ke masyarakat untuk bersosialisasi.

“Setelah para warga paham, baru laksanakan kegiatan teknisnya,” katanya,

Dalam kegiatan teknis, Jani mengatakan, ada beberapa langkah untuk melakukannya, termasuk perencanaan dan pencarian lahan. Tapi yang paling penting adalah keberhasilan masyarakat pengelolaan sampah untuk memahami peran aktif mengolah limbah mereka.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)