Darma Wanita Depok Dapat Penyuluhan Soal Kanker Serviks

Darma Wanita Depok Dapat Penyuluhan Soal Kanker Serviks

HarianDepok.com – Berita , Gejala kanker serviks terjadi dalam waktu yang cukup lama. Mulai dari infeksi HPV yang kemudian akan berkembang menjadi kanker, membutuhkan waktu 3 sampai 17 tahun. Sebelum mencapai stadium lanjut , kanker serviks dapat dideteksi dengan baik dari tahap awal.

“Karena, jika masih dalam tahap awal kanker serviks dapat disembuhkan 100 persen,” kata dr. Andiza Ashariati, memberikan konseling untuk deteksi dini kanker serviks Darma Wanita Depok, Kamis (9/10).

Keganasan Kanker serviks terjadi antara usia 35-55 tahun, yang jika belum tertular penyakit itu pada tahap awal tidak menunjukkan gejala yang signifikan.

“Pada tahap awal dapat dideteksi dengan Pap Smear,” kata dr. Andiza.

Pap Smear adalah pemeriksaan sitologi untuk melihat sel-sel leher rahim di bawah mikroskop oleh seorang spesialis di bidang patologi anatomi. Pemeriksaan ini bermanfaat sebagai tes screening awal untuk mendeteksi kanker serviks.

Pap smear bisa mendeteksi kondisi kanker dan pra-kanker dalam serviks. Pengangkatan jaringan atau Biopsi serviks biasanya dilakukan ketika Pap Smear, bila ada indikasi kelainan yang signifikan, atau bila ditemukan kelainan selama pemeriksaan rutin, untuk mengidentifikasi kelainan itu. Hasil pap smear dinyatakan positif jika menunjukkan perubahan sel serviks.

“Hal yang perlu diingat jika Anda ingin melakukan Pap smear tidak dalam kondisi sendang menstruasi dan tidak berhubungan seksual selama 3 hari sebelum dilakukan pemeriksaan, dan tidak hamil. Selain itu, wanita yang tidak pernah melakukan hubungan suami isteri disarankan tidak mengikuti Pap Smear,” jelasnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)