Koalisi Prabowo Akan Jadi Oposisi Konstruktif

Koalisi Prabowo Akan Jadi Oposisi Konstruktif

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Hashim Djojohadikusumo, adik Prabowo Subianto, mengatakan bahwa meskipun kekalahan saudaranya melawan Joko Widodo dalam pemilihan presiden terakhir, Koalisi Merah Putih akan menjadi oposisi yang aktif, seperti Partai Republik di Staes Serikat.

“Tujuan jangka panjang kami setidaknya untuk lima tahun ke depan adalah menjadi, oposisi konstruktif aktif,” kata Hashim dalam sebuah wawancara.

Hasyim mengatakan oposisi tidak akan “antagonis”. Namun, ia diperkirakan situasi yang sama dengan Amerika Serikat, di mana Partai Republik sering menggunakan mayoritas mereka untuk memblokir agenda Presiden Barack Obama.

“Kami akan dapat mengontrol agenda legislatif,” katanya. Koalisi Merah Putih akan menaklukkan semua kursi kepemimpinan dan memiliki wewenang untuk memantau kegiatan oleh Jokowi dan pejabat lainnya.

Salah satu kemenangan koalisi adalah lewat hukum pilkada yang akan mengakhiri pemilihan langsung kepala daerah seperti gubernur dan walikota dan memungkinkan Dewan Perwakilan Daerah untuk menunjuk mereka.

Sementara itu Bahrain dari Gerakan Bantuan Hukum Indonesia mengatakan bahwa demokrasi rakyat sekarang dibungkam oleh RUU Pilkada.

“Kami telah berjuang untuk demokrasi selama 16 tahun. Pada saat ini, pemerintah hancur itu di depan mata kita,” kata Bahrain.

Seorang anggota Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Irhash Ahmady juga mengatakan bahwa gerakan berencana untuk melanjutkan aksi damai hingga pemilu pada 20 Oktober

“Kami akan berbaris ke Mahkamah Konstitusi dan istana besok, menuntut mereka untuk kembali hak rakyat,” kata Irhash. Ia mengklaim bahwa tindakan itu merupakan upaya untuk menolak semua jenis pelanggaran politik yang mematikan partisipasi masyarakat dalam politik.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: