Cina Pertegas Klaim Pulau Woody Dengan Membangun Lapangan Terbang

Cina Pertegas Klaim Pulau Woody Cina Dengan Bangun Lapangan Terbang

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Beijing telah menyelesaikan pembangunan lapangan terbang militer di Pulau Woody di Laut Cina Selatan, menurut laporan Xinhua. Pulau ini terletak di zona yang disengketakan, yang juga diklaim oleh Vietnam.

Pembangunan fasilitas di Woody Island (bagian dari rantai Kepulauan Paracel yang disengketakan) dipandang sebagai penegasan kembali klaim China atas wilayah diperebutkan.

Kepulauan Paracel juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan, dan ketegangan meningkat di antara para pejabat di Beijing dan Hanoi setelah melimpahnya cadangan minyak yang ditemukan di wilayah tersebut.

Airstrip adalah cara Beijing menegaskan kembali klaim atas wilayah tersebut, sejak pengumuman dua tahun lalu bahwa China membangun kota Sansha, dan China akan memantau dan mengatur sebagian dari Laut Cina Selatan.

Sejumlah jalur pelayaran penting melewati sekitar pulau, yang diduga untuk meletakkan di atas cadangan minyak dan gas besar-besaran, yang tetap belum diselidiki. Perairan sekitar pulau ini diklaim tidak hanya oleh Vietnam, China, dan Taiwan, seperti yang juga diklaim oleh Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

“Penyelesaian dan pengembangan lebih lanjut dari landasan pacu ini akan memungkinkan pesawat militer untuk ditempatkan di Paracel, yang akan meningkatkan kemampuan China untuk mempertahankan keamanan Xisha dan Nansha,” kata laporan Xinhua.

Sebelumnya pada bulan Juni, Cina telah membangun sebuah sekolah untuk 40 siswa yang orang tuanya bekerja di Woody Island.

Pada bulan Mei, Beijing juga mengerahkan sebuah rig minyak di perairan yang disengketakan rantai Paracel Island, yang memicu awal kerusuhan anti-Cina di Vietnam awal tahun.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok