Seorang Perawat di RS Spanyol Positif Terkena Wabah Ebola

Seorang Perawat di RS Spanyol Positif Terkenan Ebola

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Seorang perawat di sebuah rumah sakit di Madrid, Spanyol, positif terkena Ebola. Perawat bekerja di Rumah Sakit La Paz-Carlos III, di mana dua misionaris Spanyol meninggal setelah tertular Ebola selama misi mereka di Afrika. Berusia 75-tahun misionaris Spanyol Miguel Pajares terjangkit virus Ebola di Liberia dan meninggal di rumah sakit pada tanggal 12 Agustus, sedangkan misionaris lainnya, 68 tahun Manuel Garcia Viejo, terinfeksi di Sierra Leone dan meninggal di rumah sakit pada tanggal 25 September.

“Kami telah melakukan dua tes, yang keduanya kembali positif,” kata juru bicara otoritas kesehatan daerah Madrid ke AFP.

Sekitar 30 staf medis dan orang lain yang datang dalam kontak langsung dengan perawat telah diletakkan di bawah pengamatan medis yang ketat.

Pihak berwenang Spanyol masih mencoba untuk mencari tahu bagaimana perawat bisa terinfeksi dengan virus, yang menyebabkan demam dan pendarahan.

“Kami sedang menyelidiki alur dari penularan ini,” kata Antonio Alemany, Kepala Dinas Kesehatan Central Madrid pada konferensi pers.

Hal ini diketahui bahwa perawat adalah bagian dari tim khusus yang telah bertanggung jawab atas Pastor Manuel Garcia Viejo ketika ia tiba di Rumah Sakit Carlos III dari Sierra Leone pada tanggal 21 September. Dia meninggal empat hari kemudian.

Garcia Viejo dikarantina di ruang isolasi dengan aturan ketat yang diberlakukan untuk melindungi staf rumah sakit dan pasien lain di rumah sakit. Pasien diketahui telah memasuki ruang isolasi dua kali – termasuk sekali setelah kematian pasien.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: