Corak Batik Kota Depok Sudah Sampai ke Singapura

Corak Batik Kota Depok Sudah Sampai ke Singapura

HarianDepok.com – Berita , Batik adalah warisan budaya yang tak ternilai harganya. Banyak daerah yang menciptakan Batik dan memantenkannya kemudian dijual ke luar negeri. Kota Depok pun juga punya cetakan batik dengan ciri khas tersendiri.

Pada tahun 2007 lalu, ketua tim PKK Depok, Nur Azizah Tamhid memprakarsai pembentukan panita perlombaan batik. Sebanyak 325 peserta yang memiliki kartu identitas Depok mendaftar di acara tersebut. Setelah beberapa tahap seleksi, memilih sepuluh pola batik kemudian dipatenkan menjadi Batik Depok.

Sri Ayu Rahayu selaku Wakil IV PKK, yang juga merangkap menjadi ketua panitia lomba Batik mengatakan, pada kenyataannya, pola batik ini baru bisa disebut corak bati, bukan batik yang sebenarnya memaki lilin, malam dan dicat dengan tangan, tetapi menggunakan alat printing.\

“Dari sepuluh corak dan bentuk, ada tujuh dan digunakan untuk seragam PNS. Yang menjadi juara satu adalah batik paricara dharma,” kata Atu, saat ditemui dikantornya.

Setiap pola motif batik bermakna dan menggambarkan Icon Depok, termasuk belimbing, ikan manfish gong si bolong dan lain-lain. Pola batik kemudian dijual oleh PKK dengan bantuan Departemen Perdagangan dan Industri (industri dan perdagangan) Kota Depok dalam berbagai pameran yang diselenggarakan, bahkan sudah mencapai ke Singapura.

Pola batik yang dijual PKK bisa berupa pakaian langsung jadi atau bahan. Selain itu, pola batik ini juga sudah digunakan dalam membuat kerajinan tangan.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)