Kabut Tebal Ganggu Jadwal Penerbangan di Bandara Hang Nadim

Kabut Tebal Ganggu Jadwal Penerbangan di Bandara Hang Nadim

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Visibilitas di Bandara Internasional Hang Nadim Batam telah memburuk sedemikian rupa sehingga telah mengganggu sejumlah penerbangan menuju daratan Sumatera.

Sebuah Penerbangan Lion Air JT149 dari Batam ke Jambi, yang semula dijadwalkan pukul 12.10 waktu setempat, belum meninggalkan bandara sampai pukul 16.00 waktu setempat. Sementara itu, penerbangan JT 239 dari Batam ke Pekanbaru telah dibatalkan.

“Secara teknis, pesawat masih bisa take off dari Hang Nadim meskipun kondisi visibilitas sangat kurang, tetapi mereka akan memiliki waktu sulit mendarat di tujuan mereka,” kata seorang wakil dari Lion Air di Batam, Mahrido.

Menurut dia, laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa visibilitas di bandara telah menurun menjadi sekitar 1.200 meter.

“Kami masih menunggu kondisi di Jambi, Pekanbaru, dan Tanjung Karang untuk membersihkan sebelum kita memungkinkan pesawat untuk terbang ke kota-kota,” kata Mahrido.

Garuda Indonesia juga mengalami sejumlah penundaan akibat kabut lebih dari Sumatera. Penerbangan GA271 dari Batam ke Medan, yang semula dijadwalkan untuk berangkat pada 15.45 waktu setempat, masih belum lepas landas. Penerbangan GA270, dijadwalkan berangkat dari Batam ke Tanjung Karang di 11.20 waktu setempat.

Pejabat BMKG di Hang Nadim mengatakan bahwa visibilitas di Hang Nadim rata-rata antara 5.000 hingga 8.000 meter pada Senin pagi. Tidak ada laporan yang dirilis oleh otoritas bandara atau pejabat BMKG di bandara meskipun kabut memburuk menyelubungi bandara.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: