Senin Pagi Jepang Dihantam Topan Dan Badai

Senin Pagi Jepang Dihantam Topan Dan Badai

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Topan dan hujan deras telah menghantam Jepang pada Senin (6/10) kemarin, dan menewaskan satu orang. Menurut laporan Reuters, tiga Amerika Serikat (AS) tentara tersapu ke laut oleh gelombang tinggi yang disebabkan oleh Topan Phanfone, yang membuat pendaratan di Okinawa pada hari Minggu. Seorang tentara telah ditemukan tewas, sementara dua sisanya masih hilang. Seorang peselancar juga terseret oleh arus yang kuat keluar ke laut.

Badai melewati Tokyo di sore hari sebelum cepat bergeser ke timur laut yang membersihkan langit dan membuat Gunung Fuji menjadi terlihat jelas.

Hujan lebat telah memaksa pencarian dan penyelamatan tim (SAR) untuk sementara meninggalkan usaha mereka untuk mencari para korban hilang di Gunung Ontake, yang letusan pekan lalu menewaskan 51 orang. Keluarga yang tersisa di endapan gunung telah dievakuasi untuk menghindari kemungkinan tanah longsor dari hujan lebat.

Sekitar 200.000 keluarga, termasuk 20.000 rumah tangga di Tokyo, Jepang timur telah diminta untuk siap mengungsi. Dikhawatirkan bahwa hujan deras yang datang sebagai topan ini melanda kawasan daratan dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir bandang.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa topan melecut angin sekitar 129 kilometer per jam, dengan hembusan memuncak pada 185 kilometer per jam pada pukul 11.00 waktu setempat.

Lebih dari 600 penerbangan domestik telah dibatalkan, dengan Japan Airlines scrapping 19 penerbangan internasional sampai saat ini. Shinkansen layanan kereta peluru juga telah dibatalkan, mengganggu perjalanan jutaan komuter di ibukota.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: