Pencarian Pesawat MH370 Kini Dilanjutkan

Pencarian Pesawat MH370 Kini Dilanjutkan

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pencarian bawah air untuk menemukan Pesawat MH370 yang menghilang enam bulan lalu, dilanjutkan pada hari Senin, menurut Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB).

Hilangnya Pesawat MH370 dengan 239 orang di dalamnya pada 8 Maret lalu dimana penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing telah menyebabkan salah satu penerbangan internasional terbesar di Malaysia tersebut banyak menjadi soroton dunia.

Dalam wawancara dengan ABC News, kepala komisaris ATSB Martin Dolan menyatakan optimisme tentang pencarian.

“Kami semua ingin menunjukkan kepada semua orang kita optimis dalam perjalanan satu tahun ini, kita akan menemukan pesawat yang hilang,” katanya.

The GO Phoenix, kapal-kontrak pemerintah Malaysia, adalah yang pertama dari tiga kapal yang tiba di zona pencarian. Armada akan menghabiskan sekitar satu tahun untuk berburu reruntuhan MH370 di wilayah sekitar 60.000 kilometer persegi.

GO Phoenix kemudian akan tinggal di wilayah misi selama 12 hari sebelum menuju ke pantai Australia untuk pengisian bahan bakar dan pasokan. Dua kapal lain yang disediakan oleh kontraktor Belanda Fugro akan bergabung dengan GO Phoenix akhir bulan ini.

GO Phoenix akan menggunakan perangkat sonar bawah air yang disebut towfish untuk mengoperasikan 100 meter di atas dasar laut. Bila perangkat mendeteksi reruntuhan yang mencurigakan, kapal akan meletakkan peralatan kamera yang sangat sensitif dan memutuskan apakah itu milik Pesawat MH370 atau tidak.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: