Gunung Sinabung Erupsi 4 Kali Pada Minggu Kemarin

Gunung Sinabung Erupsi 4 Kali Pada Minggu Kemarin

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Sumatera Utara, melaporkan bahwa Gunung Sinabung telah meletus empat kali pagi ini. Hal ini juga melaporkan bahwa letusan datang dengan abu vulkanik.

Sementara itu, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Humas dan Informasi Data Center dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam siaran persnya mengatakan statusnya tetap pada ‘waspada’ (level 3).

“Situasi masih normal. Belum ada laporan dari warga lainnya untuk melakukan pengungsian, namun kami himbau kepada warga untuk tetap waspada.” kata Sutopo.

Letusan pertama terjadi pada pukul 01:36, disertai dengan abu vulkanik dari puncak gunung (dipantau dengan menggunakan kamera thermal), dengan kecepatan 4.500 meter yang menuju kea rah selatan. Abu vulkanik mencapai 2.000 meter, sedangkan letusan dilaporkan berlangsung selama 263 detik.

Letusan kedua terjadi pada pukul 06:38, disertai dengan abu vulkanik dari puncak bergerak dengan kecepatan 2.500 meter untuk menuju kea rah selatan. Letusan berlangsung selama 152 detik.

Letusan ketiga terjadi pada pukul 07:36, disertai dengan abu vulkanik dari puncak gunung dengan kecepatan 3.000 meter yang menuju ke arah Selatan. Letusan berlangsung selama 158 detik.

Yang terakhir dan yang keempat letusan terjadi pada pukul 07:53, disertai dengan abu vulkanik dengan kecepatan 4.500 meter ke Selatan. Abu vulkanik mencapai 3.000 meter, dengan letusan berlangsung selama 229 detik.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok