KPK Siap “Geledah” Kantor Kementerian Pertahanan

KPK Siap “Geledah” Kantor Kementerian Pertahanan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto mengatakan komisi anti-korupsi siap untuk membantu Departemen Pertahanan untuk mencegah tindakan korupsi di institusi tersebut. Menurut Johan, Departemen Pertahanan menerima sebagian besar dari APBN.

“Ketika ada sejumlah besar uang negara di Kementerian Pertahanan, KPK harus mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap tindakan korupsi,” kata Johan di kantornya.

Komitmen adalah tindak lanjut dari pertemuan antara KPK dan inspektur Kementerian Pertahanan Ismono Wijayanto, yang diresmikan pada bulan September.

“Jika ada dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertahanan, tolong laporkan,” kata Ismono.

KPK itu, Johan mengatakan, dapat membantu dengan review dari proses pengadaan di Departemen Pertahanan. Kedua lembaga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan lain untuk membahas rencana secara rinci.

“KPK memiliki fungsi dan wewenang untuk mengambil tindakan pencegahan, ketika sejumlah besar uang yang terlibat. KPK siap membantu,” kata Johan.

Pada pertemuan tersebut, Johan mengungkapkan, Ismono datang ke gedung KPK untuk melaporkan kekayaannya, selain untuk memperkenalkan dirinya sebagai inspektur jenderal baru di Kementerian Pertahanan dan mengkoordinasikan rencana dengan KPK.

Sementara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengundurkan diri dari jabatannya pada tanggal 20 Oktober 2014, dan akan digantikan oleh Joko Widodo. Djohermansyah berharap Jokowi akan melihat urgensi Perpu.

“Jika Perpu adalah untuk diproses oleh DPR pada bulan Januari atau Februari, kita perlu mengetahui hasilnya segera,” katanya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: