Ternyata Berolahraga Juga Dapat Menyehatkan Mental

Ternyata Berolahraga Juga Dapat Menyehatkan Mental

HarianDepok.com – Kesehatan , Kesehatan mental adalah sama pentingnya dengan kebugaran fisik. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa, secara global, 154 juta orang menderita depresi dan penyakit kesehatan mental. Banyak penelitian dan uji klinis telah menunjukkan bahwa menjadi lebih aktif memberikan manfaat tertentu termasuk: Peningkatan suasana hati, mengurangi gejala stres, kemarahan dan depresi, mengurangi kecemasan dan mengurangi penurunan kognitif.

Berolaharga sangat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, karena pelepasan endorfin ketika tubuh Anda aktif. Ini adalah hormon yang memberikan kita perasaan kebahagiaan. Mereka juga telah ditunjukkan untuk meningkatkan suasana hati seseorang.

Selain pelepasan “happy hormon”, menjaga kebugaran juga memiliki manfaat jangka panjang bagi kesehatan mental. Umumnya, olahraga teratur mengurangi risiko seseorang dari penyakit jantung, diabetes tipe II dan beberapa jenis kanker. Jadi secara fisiologis, tubuh manusia berfungsi lebih baik bila lebih bugar daripada orang yang hanya diam saja dirumah.

Hasil olahrga dapat meningkatkan neutrofil dan monoamina. Neutrofil adalah sel darah putih yang membantu sistem kekebalan tubuh dan monoamina adalah neurotransmitter. Kedua hal ini adalah terkait dengan mengurangi gejala depresi dan penyakit kesehatan mental. Tantangan dalam menggunakan olahraga atau aktivitas fisik sebagai obat untuk kesehatan mental adalah hal yang dianjurkan.

Satu studi di Inggris menunjukkan bahwa berjalan sepanjang 12.500 meter setiap hari selama sekitar 100 hari, yang diukur dengan menggunakan pedometer, secara signifikan meningkatkan kesehatan mental. Studi lain di Australia menunjukkan bahwa orang yang mengambil bagian dalam program berjalan untuk sekitar 100-hari menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam ‘Kualitas Hidup’ mereka.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: