Korut dan Korsel Lakukan Pertemuan Serius Dan Resmi

Korut dan Korsel Lakukan Pertemuan Intim

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Korea Utara dan Korea Selatan telah sepakat untuk melanjutkan pembicaraan secara formal yang telah dihentikan sejak Februari. Perjanjian tersebut datang selama kunjungan mendadak ke Korea Selatan dengan para pejabat Korea Utara untuk upacara penutupan Asian Games.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh dua pejabat Korea Utara yang dekat pemimpin Kim Jong-un. Kedua belah pihak dikabarkan telah sepakat untuk bertemu lagi dalam beberapa minggu ke depan.

Hwang Pyong, dipandang sebagai orang kedua-paling berkuasa di Korea Utara, mengadakan pembicaraan dengan Ryoo Kihl-jae, menteri reunifikasi Korsel, Sabtu setelah terbang ke Incheon untuk menghadiri Asian Games.

Mr Hwang adalah pejabat politik tertinggi di Tentara Rakyat Korea. Dua anggota lain delegasi Korut Choe Ryong Yang-hae dan Kim Yang-gon merupakan anggota kunci dari Partai Pekerja yang berkuasa.

Hal ini tidak diketahui apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut dan tidak ada pihak yang berkomentar secara terbuka pada pembicaraan.

Hubungan antara kedua telah praktis tidak ada selama empat tahun, tetapi masalah ekonomi Korut tampaknya telah memaksa perubahan taktik. Kedua Korea secara teknis masih panas karena konflik 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata.

Pertemuan Kejutan terjadi di tengah spekulasi yang sedang berlangsung tentang kesehatan pemimpin Korut. Kim belum terlihat di depan umum sejak 3 September. Sebuah film dokumenter resmi terbaru menunjukkan dia pincang.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: