Pemkot Depok Giatkan Program Pembuatan MCK

Pemkot Depok Giatkan Program Pembuatan MCK

HarianDepok.com – Berita , Petugas kesehatan Puskesmas Kota Depok pada akhir tahun 2013 telah melakukan survei, bahwa ada sekitar 11 ribu lebih keluarga di Depok yang tidak memiliki toilet, masih buang air langsung ke lingkungan tanpa akses yang memadai.

Kemiskinan telah menjadi salah satu penyebab utama kekurangan sanitasi dari masing-masing keluarga. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk pengolahan air limbah domestik dalam tangki septik, dan kurangnya dana untuk membangun Mandi Cuci Kakus (MCK) di rumah membuat mereka lebih memilih untuk membuang sembarangan yang dilemparkan langsung ke sungai, sawah, parit dan penggalian tambang permukaan.

Atas dasar ini, Dinas Keshatan Depok melalui Seksi Penyehatan Lingkungan mengadakan kegiatan rangsangan mengarah ke fasilitas sanitasi dasar (Sarsandas) secara bertahap sampai 15 keluarga di RW 08 Bedahan, yang juga merupakan lokasi dari program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

“Tujuannya jelas untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh limbah di setiap tempat,” kata Siti Rahim, dari Program Rutin PLP Seksi Penyehatan Lingkungan Depok.

Ia menambahkan tujuan Pemerintah Kota Depok pada tahun 2017 adalah tidak lagi ada warga Depok yang tidak memiliki toilet. Pemerintah setempat akan membangun toilet komunal dan toilet keluarga yang saat ini tidak memiliki fasilitas toilet yang memadai.

“Prinsipnya tangki septik tidak bocor dan tahan air untuk tidak mencemari air di lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: