Bank Dunia : Harga Pangan Dunia Merosot 6%

 

Bank Dunia, Harga Pangan Dunia Merosot

HarianDepok.com – Bisnis , Bank Dunia menyatakan bahwa harga pangan internasional mengalami penurunan sebesar 6 persen antara April dan Agustus 2014, dianggap terendah dalam empat tahun.

“Kami senang tentang penurunan tajam dalam harga pangan internasional, terutama setelah kenaikan yang kita alami,” kata Direktur Senior Global Kemiskinan di Kelompok Bank Dunia Ana Revenga.

Dia mengatakan bahwa kemerosotan itu dibantu oleh harga internasional gandum, yang turun 19 persen, dan harga jagung yang mengalami penurunan sebesar 21 persen, selama periode tersebut.

Namun, katanya, harga beras meningkat sebesar 13 persen selama periode yang sama.

“Karena harga pangan berfluktuasi dan kecemasan masyarakat yang rentan tumbuh, adalah penting untuk memiliki semua alat untuk memerangi krisis inflasi pangan,” tegasnya.

Berdasarkan data dari Food Price Watch dan Bank Dunia, harga pangan yang diperdagangkan di bawah 6 persen pada Agustus 2014, dibandingkan dengan Agustus 2013.

Bahkan, menurut data, harga pangan saat ini 21 persen di bawah harga di Agustus 2012 yang ketika itu memuncak.

Oleh karena itu, Bank Dunia telah meluncurkan Observatory Krisis Harga Pangan untuk membantu para pembuat kebijakan, organisasi non-pemerintah, sektor swasta dan lain-lain untuk mengenali dan mencegah krisis inflasi pangan.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin menyatakan bahwa harga internasional pangan dan emas, dan harga angkutan udara, menurun pada bulan September 2014 dan yang selanjutnya dapat mengurangi tingkat inflasi yang tinggi.

“Harga bawang, ikan dan daging menurun karena pasokan mereka baik. Selain itu, harga emas internasional juga turun. Tingkat angkutan udara menurun karena permintaan rendah,” kata Suryamin.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)