Alasan Mengapa Anda Kehilangan Keseimbangan di Masa Tua

Alasan Mengapa Anda Kehilangan Keseimbangan di Masa Tua

HarianDepok.com – Kesehatan , Ketika anda beranjak tua, Anda mulai kehilangan keseimbangan sedikit demi sedikit. Ini mungkin tidak terdengar serius, tetapi penelitian menunjukkan bahwa setelah usia 65, 58 persen dari semua cedera dan kecelakaan terjadi karena kehilangan keseimbangan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mulai kehilangan keseimbangan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Sistem vestibular

Sistem vestibular terkandung di telinga Anda, dan membantu untuk menentukan posisi dan menjaga keseimbangan Anda. Sistem ini membantu otak Anda untuk menentukan apakah tubuh Anda duduk, berdiri, berbaring atau terbalik. Tidak ada obat untuk ini, tetapi tetaplah jalani gaya hidup sehat.

Penglihatan

Pandangan Anda cenderung memburuk seiring bertambahnya usia, dan bersamaan dengan itu kemampuan untuk fokus dan memahami kedalaman kontras bisa terpengaruhi. Pandangan kabur mempengaruhi keseimbangan, tetapi dapat dikoreksi dengan memakai kacamata atau lensa, atau dengan menjalani operasi korektif.

Tekanan darah

Jika Anda memiliki masalah tekanan darah, Anda akan melihat bahwa kadang-kadang Anda merasa pusing ketika berdiri. Hal ini karena tekanan darah tiba-tiba turun, menyebabkan pingsan. Anda dapat mencegah hal ini dengan berdiri perlahan-lahan.

Masalah kesehatan

Masalah kesehatan seperti penyakit jantung, arthritis, multiple sclerosis dan Parkinson semua dapat mempengaruhi keseimbangan Anda. Bahkan obat untuk masalah kesehatan tertentu dapat meningkatkan risiko jatuh atau tersandung, karena mereka dapat menyebabkan pusing, penglihatan yang buruk atau bahkan merusak telinga bagian dalam. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami masalah ini dan mempertimbangkan mengubah obat Anda.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: