Bandung Gunakan Sistem Parkir Elektronik

Bandung Gunakan Sistem Parkir Elektronik

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pemerintah Kota Bandung akan menambah mesin parkir otomatis dengan sistem pembayaran e-money. Sekretaris Dishub Bandung Enjang Mulyana mengatakan, bahwa mesin parkir akan menggunakan koin dan smartcard sebagai metode pembayaran.

Menurut Enjang, menggunakan uang elektronik untuk membayar biaya parkir lebih efisien daripada menggunakan koin karena pemilik kendaraan tidak perlu menukar uang mereka dengan koin.

“Orang-orang akan dimudahkan dari kebutuhan untuk tukar koin. Jadi, akan lebih praktis dan lebih efesien,” katanya.

Sejak Desember 2013, pemerintah kota Bandung melakukan uji coba untuk pra-bayar parkir meter di Jalan Braga. Saat ini, parkir meter hanya menerima koin sebagai biaya parkir. Pemilik kendaraan harus memasukkan empat koin Rp. 500 untuk a dua jam pertam dan empat koin selama satu jam berikutnya.

“Ini sudah dilakukan sejan Desember 2013 lalu, dan hasilnya cukup menggembeirakan,” ucapnya.

Enjang menjelaskan bahwa ketika pembayaran kartu elektronik dilaksanakan, pemilik kendaraan hanya perlu memasukkan kartu ke mesin dan kredit akan secara otomatis dipotong. Pemilik kendaraan dapat melakukan isi ulang kredit mereka di bank.

“Tak perlu repot, pemilik kendaraan hanya perlu memasukkan kartu ke mesin dan kredit akan secara otomatis dipotong, jika sudah habis, pengguna bisa mengisinya di bank,” sambungnya.

Selain memperbaiki sistem pembayaran, administrasi Bandung berencana untuk menginstal CCTV di area parkir untuk memantau kendaraan dan petugas parkir.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: