Tingkat Warga Miskin di Depok Kian Menyusut

Tingkat Warga Miskin di Depok Kian Menyusut

HarianDepok.com – Berita , Tingkat kemiskinan di kota Depok selama tiga tahun terakhir mengalami penurunan. Pada tahun 2011, tingkat kemiskinan di Depok sebesar 2.75 persen, sedangkan pada tahun 2012 menurun menjadi 2.46, sedangkan pada tahun 2013 angka tersebut turun lagi menjadi 2,32 persen.

“Tingkat kemiskinan Kota Depok berada di bawah Jawa Barat. Di Jawa Barat, angka kemiskinan pada tahun 2012 mencapai 9.89 persen,” kata kepala perencanaan Kota Depok, Hardion.

Hardion menjelaskan Bappeda memiliki peran dalam mengordinir Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) yang diketuai oleh Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad. TKPKD tersebut dibentuk dengan Keputusan Presiden No 15 tahun 2010 soal mempercepat penanggulangan kemiskinan dan Permendagri 42 Tahun 2010 soal TKPKD Provinsi.

TKPKD sendiri mempunyai tiga program pembangunan, yakniekonomi, bedah kawasan kumuh, dan pendidikan. Selain itu, TKPKD juga merupakan replikasi paket pembangunan seperti jalan lingkungan, sanitasi dan drainase.

“Infrastruktur pengembangan akan fokus pada daerah-daerah yang masih tertinggal,” kata Hardion.

Adapun untuk kesejahteraan warga tertinggal, tiap OPD juga memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang tertinggal. Program seperti Jamkesda dari Departemen Kesehatan, Pendidikan Paket A, B, dan C oleh Departemen Pendidikan, keterampilan dan pelatihan Disnakersos, Disperindag atau DKUP. Selain program-program di masing-masing departemen, Pemerintah Kota Depok memiliki program terpadu yang dikenal dengan nama program P2WKSS yang juga rutin dilaksanakan setiap tahun.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok