Rupiah Naik 10 Poin Ke Rp. 12.085

Rupiah Naik 10 Poin Ke Rp. 12.085

HarianDepok.com – Bisnis , Nilai tukar rupiah antar bank di Jakarta, Jumat malam beringsut lebih tinggi sebesar 10 poin menjadi ditutup pada Rp 12,085 per dolar AS pada akhir perdagangan, naik dari posisi sebelumnya di Rp 12,095 per dolar AS.

“Uptrend dolar AS mereda, yang berkontribusi memberi keuntungan rupiah akhir pekan ini, meskipun keuntungan tetap terbatas,” kata Zulfirman Basir, analis Monex Investindo Futures, di Jakarta, Jumat, (3/10)

Menurut Zulfirman, banyak investor memilih untuk melepaskan aset dolar mereka dalam mengantisipasi rilis mendatang angka pekerjaan AS, yang secara langsung berhubungan dengan outlook moneter AS.

“Pelaku pasar mengamati perkembangan ekonomi AS yang sangat erat dalam rangka menentukan arah investasi masa depan mereka,” katanya.

Di sisi lain, dolar AS tertekan oleh fakta bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) belum menyetujui stimulus keuangan lebih lanjut untuk membendung penurunan ekonomi.

Ia juga mengatakan, dirinya percaya bahwa situasi politik dalam negeri memainkan peran yang lebih besar dalam menentukan nilai tukar rupiah di masa depan.

“Investor khawatir tentang kemampuan pemerintahan berikutnya untuk membalas program-programnya karena tidak adanya dukungan yang signifikan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ini menghasilkan sentimen negatif yang akan terus menekan rupiah jika dibiarkan belum terselesaikan,” kata Zulfirman.

Kurs tengah Bank Indonesia pada Jumat berdiri di Rp 12,144 per dolar AS, turun dari posisi sebelumnya di Rp12,136 per dolar AS.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)