Parkir Liar Merugikan Pemkot Depok

Parkir Liar Merugikan Pemkot Depok

HarianDepok.com – Berita , Ratusan lokasi parkir liar di Depok memiliki potensi untuk merugikan kas daerah. Karena pengelolaan parkir tidak memberikan kontribusi terhadap pemerintah daerah. Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Gandara Budiana mengatakan, kerugian ini bisa menapai ratusan juta rupiah.

Ratusan parkir liar hanya dibiarkan saja oleh pihak yang berwenang, meskipun mengetahui parkir liar berpotensial merugikan kas daerah

“Tidak ada penertiban. Jika dulu memang ada juru parkir yang dibina, tapi kini sudah tidak ada,” katanya, Kamis, Depok (2/10).

Dia mengaku tahu lokasi parkir ilegal, tapi tidak bisa berbuat apa-apa, asalasannya adalah lokasi tersebut bukanlah otoritasnya.

“Kami hanya menangani (mengelola) parkir asset pemda ini, bentuknya adalah retribusi. Jika non asset itu adalah kewenangan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPK) yang berbentuk pajak,” katanya.

Gandara mengatakan dia tidak tahu persis apakah parkir liar di sepanjang Jalan Margonda itu legal atau tidak. Yang jelas, dari pihaknya hanya mengelola parkir di area yang merupakan asset pemda.

Kepala Dinas Pengendalian Operasi Perhubungan Depok, Yusmanto mengatakan, parkir ilegal lainnya ada di Jln Proklamasi, tepatnya di Balai Rakyat Sukamajaya, Depok.

“Karena di lokasi itu, kita merasa sulit untuk melakukan pengalihan. Karena ada keberatan bahwa properti  itu milik pemerintah provinsi, sementara kami hanya mengelola tempat parkir di kota milik pemerintah.” Katanya.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)