Dengan Sketchup Bisa Mendadak Jadi Arsitek

HarianDepok.com – Tekno, Sketchup adalah program aplikasi khusus 3D yang diciptakan untuk beberapa disiplin ilmu diantaranya,  Arsitek, Insinyur Sipil, Insinyur mesin, design grafis dan design produk. Program aplikasi Sketchup pertama kali dibuat oleh  startup@Last Software, Boulder, Colorado pada tahun 1999. Seiring perjalanan waktu Google akhirnya mengakuisisi  startup@last software karena model-model yang ada di sketchup dapat ditempatkan di google earth.

Kunci keberhasilan awal program aplikasi ini adalah karena sketchup mempunyai tools yang mudah digunakan bagi orang awam, keberadaan text maupun video tutorial yang sudah tersebar luas di internet serta ukuran file yang kecil, menjadikan program ini semakin memudahkan para user untuk menggunakannya, beda dengan program aplikasi 3D lain yang membutuhkan waktu lama dalam proses belajar dan ukuran file yang besar.

Google menyediakan 3D werehouse untuk menyimpan data 3D yang akan dipamerkan secara online. Sketchup memberikan kemudahan dalam mengambar objek 3 dimensi  hanya dengan memasukan angka dimensi objeknya dan menentukan objek mana yang akan dimodifikasi, lalu dengan menggerakan kursor keatas, kebawah, kesamping kanan atau kekiri maka pola bentuk 3D dari objek tersebut akan terbentuk.

Sketchup juga dirancang khusus untuk membuat sketsa-sketsa gambar yang hampir mirip ketika kita membuat gambar manual dengan tarikan garis tangan, hal ini menjadikan ekspresi seni gambar 3D tidak monoton. Untuk  hasil gambar 3D yang sudah final  sketchup juga menyediakan fasilitas vray yang merupakan program aplikasi tambahan agar gambar secara visual lebih natural dan realistis.

Perbedaan mendasar dalam membuat objek 3D antara sketchup dengan program sejenis seperti Autocad adalah sumbu koordinat Z dan level (Origin), kalau sketchup user tidak perlu direpotkan lagi dengan hal tersebut  sedangkan Autocad apabila user tidak memahami konsep koordinat X,Y,Z dan Level (origin) maka akan berpengaruh dalam membuat objek 3 dimensi. Tidak ketinggalan pula google menyediakan program aplikasi sketchup free licensi.

Ayo tunggu apalagi siap mendadak Arsitek? pundi-pundi  proyek siap menanti anda .

Sumber. Depoknews.com

[ADM/HD]

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)