Polres Lumajang Gencarkan Pencarian Pembakaran Hutan

Polres Lumajang Gencarkan Pencarian Pembakaran Hutan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Polres Klakah di Lumajang sedang menyelidiki kebakaran yang menghancurkan 500 hektar kawasan hutan di Gunung Lemongan.

“Kami telah berbicara dengan dua orang saksi sejauh ini,” kata Klakah Kabupaten Kapolres Adj. Kombes. Sutopo pada Rabu, 1 Oktober, 2014.

Sutopo mengatakan bahwa meskipun tidak ada pihak yang maju untuk melaporkan api yang telah membakar sejak pekan lalu, polisi akan memulai investigasi atas masalah tersebut, karena hutan yang terbakar berada dalam wilayah hukum Polda Klakah dan Polres Ranuyoso.

“Sebagian besar daerah ini dalam yurisdiksi Kepolisian Ranuyoso,” kata Sutopo.

Sutopo menyesalkan fakta bahwa perusahaan kehutanan milik negara Perhutani tidak melaporkan kejadian tersebut kepada polisi ketika itu terjadi. Menurut Sutopo, Perhutani selaku pengelola hutan harus mengambil tanggung jawab untuk melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang.

“Ini aneh, mengapa Perhutani gagal untuk melaporkan kejadian tersebut,” kata Sutopo.

Menurut Sutopo, dua saksi tahu tentang awal api. Jika kebakaran itu sengaja, maka polisi tidak akan ragu untuk menuntut mereka yang terlibat dalam insiden itu memberi contoh kepada masyarakat yang melindungi hutan tidak dapat dibakar untuk alasan apapun.

Sebuah ranger di Gunung Lemongan, Abdullah al-Kudus, menduga kebakaran itu sengaja ditetapkan oleh pembakar yang melakukannya untuk tujuan komersial.

“Saya menduga bahwa pelaku pembakaran adalah bagian dari kelompok terorganisir yang ingin membersihkan tanah untuk keperluan lain,” kata Abdullah.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: