10 Orang Tewas Dalam Pertempuran Milisi Kurdi dan ISIS

10 Orang Tewas Dalam Pertempuran Milisi Kurdi dan ISIS

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pertempuran besar-besaran antara milisi Kurdi Suriah terhadap pejuang Negara Islam (ISIS) untuk menguasai kota Suriah yang strategis telah merenggut nyawa 10 orang, menurut kelompok pengamat, seperti dikutip AFP.

Sembilan pejuang Kurdi dari Satuan Rakyat Perlindungan (YPG) dan pejuang ISIS tewas dalam bentrokan di dekat Ain al-Arab, yang terletak dekat perbatasan Turki-Suriah, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Militan ISIS hanya sekitar dua kilometer dari kota – yang dikenal di kalangan Kurdi sebagai Kobane – kata organisasi hak asasi manusia yang berbasis di London yang memiliki jaringan informasi yang masif dalam Suriah.

Ribuan orang terpaksa mengungsi ke Turki setelah IS meluncurkan ‘serangan di kawasan itu dua pekan lalu.

Pemimpin Kurdi setempat telah meminta dukungan dari Amerika Serikat (AS) – yang dipimpin koalisi untuk mempertahankan kota strategis tersebut. Namun, pasukan Sekutu belum meluncurkan serangan udara untuk mendukung para pejuang Kurdi yang berjuang untuk mempertahankan kontrol kota.

ISIS meluncurkan ofensif untuk mencoba untuk mengambil kendali dari Ain al-Arab, karena jika kota itu jatuh ke tangan mereka, ISIS tak akan memiliki kontrol penuh atas perbatasan Suriah-Turki.

Sementara itu Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan bahwa Angkatan Udara Australia (RAAF) siap membantu Amerika Serikat (AS) dalam upaya untuk mengalahkan kelompok Islam garis keras Negara Islam (ISIS) dengan melakukan dukungan pertempuran di atas wilayah Irak.

Australia telah mengerahkan sekitar 600 tentara dan beberapa pesawat untuk Uni Emirat Arab (UEA) sejak pertengahan September untuk bergabung dengan upaya tempur koalisi pimpinan AS di Timur Tengah.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok