Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Beli Hewan Kurban di Depok

Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Beli Hewan Kurban di Depok

HarianDepok.com – Berita , Kepala Departemen Pengembangan Masyarakat Kementrian Agama Kota Depok, Supriyanto mengatakan bahwa dalam pemilihan hewan ada beberapa hal yang harus diperhatikan adalah umur hewan dan kondisi hewan harus sehat dan baik. Usia kriteria domba dan kambing adalah 12 sampai 18 bulan, sementara untuk sapi atau kerbau adalah 22 bulan.

“Cara melihat umur hewan adalah melihat giginya, jika gigi memiliki tanggal hewan sudah cukup umur untuk diqurbankan,” katanya, seperti dikutip depok.go.id

Sementara melihat kesehatannya, Supriyanto menjelaskan hal yang perlu diperhatikan adalah bentuk tubuh hewan, jika hewan memiliki cacat maka hewan tak layak diqurbankan. Selain itu, mata juga harus diperhatikan, mata berair hewan jelas dan tidak menunjukkan hewan yang sehat.

“Hidung hewan juga harus kelihatan basah tapi tidak terlalu basah. Celah kuku harus bersih dan tidak ada bekas luka,” tambahnya. Selain itu, hal lain yang perlu dicatat adalah bahwa persyaratan persetujuan yang sah yang harus ada penjualan barang, penjual dan pembeli ini uang. Hal ini untuk mencegah penipuan.

“Jangan seperti membeli kucing dalam karung,” kata Supriyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Kota Depok Tinte Wirasutisna mengatakan bahwa dari pihaknya telah melakukan verifikasi kelayakan hewan kurban di Depok. Ulasan meliputi sertifikat kesehatan hewan dari kota asal mereka dan kondisi fisik hewan.

“Hewan-hewan sehat, kami menyediakan label sehat sebagai tanda bahwa hewan tersebut layak diqurbankan” kata Tinte.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: