Tiga Rumah Pompa Akan Dibangun Di Jakarta Utara

Tiga Rumah Pompa Akan Dibangun Di Jakarta Utara

HarianDepok.com – Properti , Untuk mengantisipasi banjir di Kelapa Gading, Jakarta Utara, masyarakat pengelolaan air lokal sub-departemen akan membangun tiga rumah pompa tahun depan.

Menurut rencana, rumah pompa tersebut akan dibangun pada akhir Betik River di Kampung Kandang dan juga di seluruh Artha Gading yang menghubungkan saluran (PHB) dan Mati River.

Seperti diketahui, kawasan Kelapa Gading selalu banjir selama musim hujan antara bulan Januari-Februari. Jalan-jalan di sana, seperti Jalan Boulevard Raya, Jalan Avenue Barat, Jalan Avenue Utara, dan Jalan Raya Kelapa Hibrida, tergenang hingga setinggi 30 sampai 100 sentimeter. Banjir akhirnya surut setelah seminggu dan menyebabkan kerugian mencapai miliaran rupiah.

“Rumah-rumah pompa akan dilengkapi dengan dua pompa bertenaga 0,5 meter kubik per detik. Kemudian, pompa akan mengalirkan air ke Kali Sunter akan ddialihkan ke laut. Mudah-mudahan dengan itu, kawasan Kelapa Gading bisa bebas dari banjir,” ujar Kepala Dinas Pengelolaan Air Utara PU Sudin, Wagiman Silalahi, Senin.

Menurut Silalahi, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun rumah-rumah pompa dan pengadaan pompa diperkirakan mencapai Rp 30 miliar.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemeliharaan Sumber Daya Air untuk Jakarta Utara PU Tata Air Sudin, Kuryatna Atmaja, menginformasikan bahwa pengerukan saluran air di Kelapa Gading terus dipercepat.

Meski begitu, ia menilai bahwa sebenarnya tidak cukup. Hal ini karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, air berasal dari wilayah Jakarta Timur yang menyebabkan air kali Sunter meluap ke daerah Kelapa Gading. Akibatnya, Kelapa Gading tergenang cukup lama.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: