SBY Punya Rencana “B” Soal Pilkada Langsung

SBY Punya Rencana “B” Soal Pilkada Langsung

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan bahwa pemerintah mendukung pemilihan langsung oleh rakyat dengan 10 perbaikan. Setibanya di Indonesia setelah kunjungan asing, SBY langsung menggelar konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (30/9) kemarin.

Dalam konferensi pers, SBY menjelaskan bahwa ia telah berkonsultasi dengan Ketua Mahkamah Agung Hamdan Zoelva tentang apa yang bisa dilakukan presiden untuk membatalkan undang-undang pilkada. SBY bertanya tentang penafsiran Pasal 20 dalam UUD 1945 tentang ratifikasi hukum yang telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Tidak ada cara bagi presiden untuk tidak setuju,” kata SBY. “Sebagai presiden, saya harus mematuhi konstitusi.”

Namun, SBY mengatakan bahwa ia sedang mempersiapkan rencana B untuk membatalkan undang-undang pilkada.

“Kami membuat cara yang bisa dilakukan oleh presiden untuk menyelamatkan sistem pilkada yang saya lihat sesuai dan tidak sesuai,” katanya.

“Saya tidak perlu menunjukkan itu sekarang, tapi jika Allah bersedia akan ada jalan bagi pemilihan daerah,” kata SBY. “Mudah-mudahan akan ada cara terbaik.”

Sementara itu SBY juga menyatakan optimisme bahwa pemerintah berikutnya Presiden terpilih Joko Widodo, akan dapat mengatasi isu-isu internasional yang bervariasi.

Berbicara kepada pers di Washington DC pada Sabtu pagi sebelum berangkat ke Jepang, Yudhoyono menyatakan bahwa Jokowi akan mampu menangani isu-isu internasional yang berkaitan dengan ekonomi dan ideologi radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Kebijakan kami jelas bahwa kami tidak mengijinkan radikalisme, ekstremisme, dan terorisme ada. Kami tidak pernah mencampur Islam atau agama lain dengan radikalisme dan terorisme,” ucap Presiden.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok