Kalimantan Timur Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Kalimantan Timur Siap Bangung Pembangkit Listrik Tenaga Surya

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Kabupaten mahakam Ulu di Kalimantan Timur berencana membangun dua pembangkit listrik tenaga surya, masing-masing dengan kapasitas 40 dan 50 kilowatt hour (kWh). Pembangunan pembangkit listrik akan didanai oleh sumbangan yang dibuat oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sebesar Rp. 11 miliar.

Kepala Jasa Pengelolaan Perbatasan Mahakam Ulu, Harun Al Rasyid, mengatakan bahwa pembangunan pembangkit listrik ini sejalan dengan visi Mahakam Ulu yang bertujuan untuk memprioritaskan daerah.

“Mahakam Ulu juga sedang menyelesaikan sejumlah proyek pembangkit listrik mikro hidro di daerah tersebut” kata Harun di Balikpapan pada Selasa, (30/9).

Pembangkit listrik akan dibangun di Long Pahangai, yang terletak 600 kilometer dari Balikpapan. Pembangkit listrik akan menghasilkan listrik yang cukup untuk menyediakan 300 watt listrik untuk 180 rumah di daerah dan tambahan 280 rumah di Long Lunup.

Harun menambahkan bahwa pembangkit listrik hanya akan membutuhkan ruang 35×35 meter persegi. Panel fotovoltaik akan diatur sedemikian rupa untuk mengambil sedikit ruang. Listrik tenaga surya yang dihasilkan akan disalurkan melalui jaringan konvensional untuk pelanggan di daerah.

Kontraktor berencana untuk melatih penduduk setempat untuk mengoperasikan dan memelihara pembangkit listrik tenaga surya.

Menurut standar internasional saat ini, listrik yang dihasilkan solar biasanya dijual pada 25 Amerika Serikat (AS) sen per kWh, kira-kira sekitar Rp. 3.000 per kWh.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok