Jepang Kini “Ramah” Pada Wisatawan Muslim

Jepang Kini “Ramah” Pada Wisatawan Muslim

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Meningkatnya jumlah wisatawan Muslim di Jepang telah mendorong negara untuk menjadi negara ‘Muslim-friendly’. Sebuah peristiwa halal bertema disebut ‘Jepang Halal Expo 2014’ akan diadakan di Prefektur Chiba pada bulan November untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap makanan dan layanan halal bagi wisatawan muslim.

Dikutip dari Japan Times, jumlah wisatawan dari negara-negara mayoritas Muslim telah meningkat tajam sejak tahun lalu karena Jepang telah meringkankan persyaratan visa, termasuk visa untuk tinggal pada jangka panjang untuk negara-negara Asia Tenggara.

Menurut data dari Japan National Tourist Organization, sekitar 176.500 turis Muslim datang dari Malaysia pada tahun 2013, 36,5 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, sedangkan dari Indonesia mencapai 136.800, atau 34,8 persen lebih tinggi.

Jepang juga meningkatkan beberapa layanan di bandara untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi umat Islam. Misalnya, Bandara Internasional Narita telah mendirikan ruang sholat dan bebas daging babi dan alkohol dalam menu penerbangan.

“Banyak Muslim mengeluh setelah kedatangan bahwa mereka tidak tahu ke mana harus pergi untuk shalat, atau bahwa informasi kurang sedang dibuat tersedia tentang bahan-bahan pada label makanan,” kata Yoshichika Terasawa, eksekutif direktur dari Makuhari Messe.

Jumlah restoran halal di Jepang masih rendah, tapi Terasawa Nike yakin bahwa orang Jepang memiliki hubungan positif dengan kebersihan makanan halal.

“Saya tidak berpikir itu akan lebih sulit bagi restoran Jepang untuk belajar bagaimana membuat makanan mereka bersertifikat halal,” kata Radzi Burhanuddin, anggota komite pameran ini.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok