Iran dan Rusia Lakukan Pertemuan Bilateral

Iran dan Rusia Lakukan Pertemuan Bilateral

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Presiden Iran Hassan Rouhani dan Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan pada Senin 29 September 2014 kemarin, untuk membahas cara-cara dalam memperdalam hubungan ekonomi yang ada antara Teheran dan Moskow.

Pembicaraan bilateral ulang datang antara pertemuan selama KTT Laut Kaspia di Astrakhan – menandai pertemuan keempat antara kedua kepala negara pada tahun 2014 di lima negara – Iran, Kazakhstan, Turkmenistan, Rusia dan Azerbaijan bertemu dalam KTT membahas pengaturan keamanan tana terkunci Caspian Sea, yang berbatasan dengan semua lima negara.

Rouhani mengatakan bahwa kesepakatan yang dicapai di Astrakhan Summit merupakan indikasi kuat bahwa lima negara yang berada digaris pantai Laut Kaspia berkomitmen untuk bekerja sama demi kepentingan kolektif mereka.

Presiden Iran mengatakan bahwa sejumlah pertemuan yang direncanakan dalam waktu dekat antara kepala negara dan pejabat tinggi dari Iran dan Rusia menandakan komitmen dari kedua negara untuk memperdalam hubungan yang ada antara keduanya.

Presiden Rusia, di pihaknya, memuji keinginan Rouhani dan pemerintahannya untuk meningkatkan hubungan mereka dengan Rusia.

“Iran dan Rusia berbagi banyak kesamaan pada sejumlah isu-isu regional dan internasional. Dengan demikian, peningkatan kerja sama antara Iran dan Rusia merupakan faktor yang akan membantu dengan pemeliharaan perdamaian dan keamanan di Asia Tengah dan Timur Tengah, ini akan menjadi kerjasama yang baik” kata Putin.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: