KontraS Fasilitasi Keprihatinan Rakyat Soal Pilkada Langsung

KontraS Fasilitasi Keprihatinan Rakyat Soal Pilkada Langsung

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Komisi Orang Hilang untuk dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) dan Jaringan Urban Poor People telah mengumpulkan dukungan untuk judicial review Pemilihan Daerah.

“Kami memfasilitasi kekhawatiran dan keluhan masyarakat,” kata Krisbiantoro, Kepala Biro Hukum dan Biro Riset Hak Asasi Manusia di KontraS.

KontraS mengumpulkan dukungan dengan meminta salinan kartu identitas masyarakat sebagai tanda persetujuan dalam mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi. Dalam dua hari terakhir, telah ada lebih dari 1.000 KTP.

“Hanya waktu dua hari saja saat pengumpulan KTP, sudah ada 1.000 lebih orang yang mendukung tindakan kami ini,” sambungnya.

Krisbiantoro memperkirakan bahwa judicial review akan siap dalam tiga minggu, dan pihaknya akan terus turun tangan dalam setiap prosesnya.

“KontraS diatur untuk berkoordinasi dengan semua penggugat, termasuk partai politik, demi judicial review komplementer, ini adalah langkah awal di awal kepemerintahan yang baru, kami harap ada perubahan lewat sini,” katanya.

Meski begitu, Kepala Daerah Organisasi juga akan mengajukan ulasan. Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti telah menyampaikan dukungannya kepada organisasi.

“Kami menyesal tagihan karena merupakan langkah mundur drastis demokrasi,” katanya.

Penolakan terhadap undang-undang baru juga muncul di luar negeri. Indonesia di luar negeri di Washington, Amerika Serikat, pada Maret memprotes Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Wiliard Hotel, di mana SBY dan rombongan menghabiskan akhir pekan, Sabtu.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: