Australia Tolak Pengiriman Ahli Medis Ke Afrika Barat

Australia Tolak Pengiriman Ahli Medis Ke Afrika Barat

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Australia telah menolak untuk mengirim ahli medis ke Afrika Barat untuk bergabung melawan virus Ebola. Pemerintah Australia percaya ada yang bisa mereka lakukan tanpa harus pergi ke Afrika Barat.

Menurut laporan Sky News, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan bahwa Angkatan Pertahanan Australia dan otoritas kesehatan percaya situasi saat ini di Afrika Barat itu terlalu tidak aman, untuk itu mereka lebih mempertimbangkan pengiriman tim medis.

“Pemerintah Australia tidak akan menempatkan anggota tim medis berisiko tanpa rencana evakuasi yang kredibel dan layak,” kata Uskup pers di Melbourne.

Keputusan Australia muncul di tengah panggilan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk masyarakat global dalam meningkatkan upaya untuk membantu menghentikan penyebaran wabah, yang telah menewaskan lebih dari 3.000 orang tewas sejak kasus pertama diidentifikasi pada Desember 2013.

Australia, bagaimanapun, telah setuju untuk mengirimkan dukungan tambahan sebesar US $ 8.000.000 untuk membantu mendanai perang global melawan penyakit di Guinea, Liberia, Sierra Leone, dan Afrika Barat lain yang terkena dampak negara-sehingga total sumbangan Australia US $ 40 juta.

Sementara dalam pernyataan yang dirilis pada hari Jumat, pemerintah Kuba mengatakan akan mengirim 300 lebih dokter dan perawat ke Afrika Barat untuk membantu memerangi epidemi Ebola di wilayah tersebut.

Seperti dilansir Al Jazeera, Regla Angulo, kepala bantuan medis Kuba, mengatakan para pekerja medis akan Bekerja di Sierra Leone, Guinea dan Liberia. Dengan penambahan ini, Kuba telah mengirim 461 tenaga medis Kuba.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: