Kenaikan Harga BBM, Penyebab SPBU Asing Menjamur

Kenaikan Harga BBM, Penyebab SPBU Asing Menjamur

HarianDepok.com – Bisnis , Rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM telah memberikan perusahaan minyak asing kesempatan untuk mengembangkan usaha pompa bensin di Indonesia.

“Itulah sebabnya ketika harga bahan bakar meningkat, Jokowi harus menepati janji untuk tidak membiarkan perusahaan asing mengambil alih SPBU setempat,” kata mantan menteri keuangan Fuand Bawazier dalam diskusi di Senin,(29/9) kemarin.

Menurut Fuad, kenaikan harga BBM akan mendorong pemerintah untuk menghapus subsidi BBM dan menyalurkannya ke sektor lain. Namun, salah satu alasan dari subsidi harga BBM adalah untuk menjaga perusahaan asing dari mengendalikan bisnis pompa bensin.

“Omset dari bisnis pompa bensin sangat tinggi. Hal ini dapat mencapai triliunan rupiah,” katanya.

Fuad mengatakan di antara keuntungan dari subsidi bahan bakar adalah menjaga perusahaan minyak asing, seperti Total EP, Exxon Mobil, Chevron dan Petronas, mendominasi bisnis.

“Jika Jokowi membiarkannya, perusahaan minyak asing bisa mendominasi pompa bensin di Indonesia,” sambugnya.

Fuad menambahkan bahwa jika harga didasarkan pada pasar, itu akan memberi mereka kesempatan untuk menjadi pemain besar, selain itu mafia minyak juga akan banyak bergentayangan.

Untuk mencegah hal itu, Fuad berharap Jokowi tidak akan memberikan perusahaan minyak asing kesempatan seperti ketika harga bahan bakar yang ditingkatkan. Selain itu, upaya asing untuk mengendalikan sektor minyak dan gas pemerintah akan menimbulkan ancaman bagi pemerintah yang masuk.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)