Palestina Tuduh Israel Lancarkan Perang Genosida

Palestina Tuduh Israel Lancarkan Perang Genosida

HarianDepok.com – Berita – Internasional ,  Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas menuduh Israel melancarkan “perang genosida” di Gaza dan bersumpah untuk mengejar para pemimpinnya atas kejahatan perang.

Perang terbaru di Gaza pada bulan Juli dan Agustus – perang ketiga di Jalur Gaza dalam enam tahun – membunuh 2.140 warga Palestina, kebanyakan warga sipil.

“Kami tidak akan melupakan dan kami tidak akan mengampuni, dan kami tidak akan membiarkan penjahat perang untuk menghindari hukuman,” kata Abbas dalam pidatonya di Majelis Umum PBB.

Alamat membuat marah Amerika Serikat, yang membanting sebagai “ofensif,” sementara Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman menuduh Abbas melancarkan “terorisme diplomatik” dan membuat “tuduhan palsu”.

Pidato tersebut dipandang sebagai salah satu yang terkuat selama satu dekade Abbas menjabat Presiden Palestina.

“Israel telah memilih untuk membuatnya menjadi tahun perang baru genosida yang dilakukan terhadap rakyat Palestina,” katanya.

Perang di Gaza adalah “serangkaian kejahatan perang mutlak dilakukan sebelum mata dan telinga dari seluruh dunia,” katanya, mengutip kehancuran kota dan kematian lebih dari 460 anak-anak.

Palestina telah mengancam akan bergabung dengan Pengadilan Kriminal Internasional yang berbasis di Den Haag untuk memungkinkan tindakan hukum yang akan diambil terhadap Israel.

Departemen Luar Negeri AS bereaksi dengan pernyataan tersely worded, mengatakan pidato akan merusak upaya perdamaian.

“Pernyataan provokatif seperti itu adalah kontraproduktif dan merusak upaya untuk menciptakan suasana positif dan mengembalikan kepercayaan antara pihak-pihak,” katanya

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: