Australia, Kamboja Masuk Kesepakatan Pengungsi Pemukiman

Australia, Kamboja Masuk Kesepakatan Pengungsi Pemukiman

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pemerintah Kamboja telah menandatangani kesepakatan dengan Australia untuk menerima beberapa pencari suaka yang ditolak dengan imbalan uang.

Menteri Imigrasi Australia Scott Morrison menandatangani kesepakatan pada hari Jumat dengan Menteri Dalam Negeri Kamboja Sar Kheng.

Australia akan membayar A $ 40m (22 juta Euro, atau $ 35.000.000) ke negara Asia Tenggara selama empat tahun, dan biaya pemindahan.

Kesepakatan itu telah menarik kritik ketat dari kelompok hak asasi, yang mengatakan Kamboja tidak siap untuk merawat para pengungsi. Yang juga memicu protes kecil di Sydney dan Phnom Penh.

Australia dalam beberapa bulan terakhir memperkenalkan kebijakan kontroversial yang bertujuan mengakhiri aliran perahu suaka dari Indonesia dan mencoba untuk mencapai wilayahnya.

Dalam pernyataan bersama, kedua negara mengatakan mereka telah menyepakati sebuah “pengaturan percobaan awal dengan sekelompok kecil pengungsi”, diikuti oleh pemukiman yang jauh dari sesuai dengan kapasitas Kamboja.

Mr Morrison mengatakan pengungsi yang saat ini ditempatkan di sebuah pusat pemrosesan di pulau Pasifik Nauru akan dikirim.

Berdasarkan kesepakatan itu, hanya mereka yang memilih untuk pergi ke Kamboja akan dipindahkan. Transfer kemungkinan besar akan mulai akhir tahun ini dan tidak ada tutup angka, katanya.

Kamboja telah mengatakan sebelumnya mungkin mengambil antara dua dan lima orang di bawah tahap uji coba, menurut Phnom Penh Post.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: