Omset Pariwisata Syariah Capai Rp. 1,659 Triliun

Omset Pariwisata Syariah Capai Rp. 1,659 Triliun

HarianDepok.com – Bisnis , Riyanto Sofyan, pemilik jaringan hotel syariah Sofyan Hotel, mengatakan potensi ekonomi penduduk Muslim di dunia cukup besar. Sekitar 56 persen dari penduduk muslim pada tahap produktif, dan mereka sudah mulai berubah dari tradisional ke Muslim futuristik yang tidak menolak perubahan zaman.

“Mereka lebih terbuka terhadap teknologi, gaya hidup, tapi masih mematuhi aturan agama,” Riyanto menjelaskan dalam sebuah seminar tentang prospek pariwisata syariah kemarin.

Data Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian menyatakan total omset pariwisata syariah telah mencapai US $ 137 milyar (Rp1,659 triliun) dan diperkirakan akan tumbuh hingga US $ 181 milyar (Rp2,191 triliun) pada 2018.

Kementerian Direktur pemasaran umum Esthy Reko Astuti mengatakan standarisasi syariah segera selesai pada tiga fasilitas wisata: restoran, spa, dan agen-agen perjalanan.

“Target kami adalah untuk menyelesaikannya pada akhir bulan ini.”

Standarisasi bahwa mereka telah selesai, tambahnya, hanyalah untuk hotel syariah. Mereka akan berusaha untuk menyelesaikan target mereka untuk segmen usaha lainnya pada akhir September tahun ini. Setelah mereka selesai, pemerintah akan berusaha untuk bertemu dengan pengusaha pariwisata syariah di Indonesia dengan lembaga-lembaga terkait dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), komunitas bisnis Muslim, industri pariwisata, dan akademisi.

“Program ini akan lebih ditingkatkan. Mengingat pertumbuhan bangasa Indonesia sangat produktif. Kami juga akan bekerja sama dengan beberapa pihak yang memang pantas,” ucapnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: