Ruhut Sitompul : SBY Itu Bapak Demokrasi

Ruhut Sitompul : SBY Itu Bapak Demokrasi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Ruhut Sitompul, politisi Partai Demokrat mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah pencetus demokrasi langsung. “Presiden SBY adalah ayah dari demokrasi. Dia adalah pencetus demokrasi langsung. Jadi, ia mendukung pemilihan langsung,” kata Ruhut Sitompul.

Dia mencatat bahwa Partai Demokrat memutuskan untuk memilih pilkada langsung dalam upaya untuk membentuk pemerintahan yang bebas dari politik uang.

Sementara itu, Ruhut mengatakan bahwa memegang pilkada langsung adalah bentuk demokrasi sejati dan menjadi kewajiban bagi partainya dalam mendukung upaya.

Pernyataan Ruhut ini terkait dengan keputusan yang diambil oleh Partai Demokrat yang mendukung pilkada langsung dan kamp-kamp agenda Jokowi setelah bergabung dengan Koalisi Merah-Putih.

Ia menegaskan bahwa jika ada beberapa kader yang tidak setuju dengan keputusan partai, maka mereka masih hidup di masa lalu.

“Partai Demokrat berbeda dari semua pihak dan jika SBY mengatakan A, sehingga semua harus mengikutinya,” Ruhut menegaskan.

Sebelumnya, Presiden Yudhoyonos dan Partai Demokrat telah secara terbuka menyatakan dukungan untuk kelanjutan dari sistem langsung pemilihan kepala daerah.

“Namun, partai memiliki persyaratan 10-point (berkaitan dengan pelaksanaannya). Jika semua catatan yang termasuk dalam tagihan, Partai Demokrat akan mendukung sistem langsung pemilihan kepala daerah, diataranya adalah kompetensi calon kepala daerah, efisiensi biaya, aturan kampanye dan pembatasan unjuk rasa di luar ruangan terpisah dari akuntabilitas dana kampanye ” ucap Syarief Hasan.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: