Jokowi Lakukan Pertemuan Dengan Aktivis 98

Jokowi Lakukan Pertemuan Dengan Aktivis 98

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden terpilih Joko Widodo sabtu ini dijadwalkan akan bertemu dengan mantan aktivis 1998 di Denpasar, Bali.”Pertemuan ini awalnya dijadwalkan akan dilakukan Jumat sore tapi itu kemudian dijadwal ulang sampai Sabtu,” kata Ketua Panitia Reuni 1998 Aktivis, Erwin Usman, kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan memberikan rincian langkah-langkah strategis yang akan dibuat pemerintahannya, sementara mantan aktivis yang menjelaskan sejumlah agenda sehingga tujuan dari reformasi akan dimasukkan dalam program-program pemerintah Jokowi ini.

Presiden terpilih juga akan berbicara tentang kabinetnya tetapi aktivis tidak akan mengusulkan nama-nama calon menteri.

“Kami memiliki calon dengan potensi dan kapasitas, tetapi mengusulkan nama untuk menteri bukan agenda kami,” kata Erwin.

Sementara itu, wakil dari aktivis Sulawesi Selatan, Supratman, mengatakan pertemuan itu penting karena pemerintah Jokowi dan Jusuf Kalla adalah saham terakhir bangsa guna terlahir kembali

“Kami akan menjadi relawan Jokowi jika pemerintah ini sejalan dengan konstitusi dan ia menyadari janji selama kampanye. Namun, kami tidak akan melakukan kompromi jika program utamanya dilupakan,” kata Supratman.

Sementara itu, terkait dengan insentif politik, Jokowi belum menawarkan insentif politik untuk tanggal yang menyebabkan pembentukan koalisi mayoritas menjadi hampir mustahil.

Jokowi-JK tidak bisa membangun koalisi mayoritas di parlemen, seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lakukan di tahun 2004.

“Meskipun Partai Demokrat adalah koalisi besar kelima di parlemen; itu bisa membangun koalisi mayoritas sebelum pelantikan DPR.” Ucap Romahurmuziy.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: