Pengikut ISIS di Eropa Kian Bertambah

Pengikut ISIS di Eropa Kian Bertambah

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Jumlah orang Eropa bergabung dengan Negara Islam (IS) di Irak dan Suriah telah meningkat menjadi 3.000. Kepala anti-terorisme Uni Eropa Giles de Kerchove mengatakan jumlah itu termasuk orang-orang yang meninggal dan kembali ke negara mereka.

De Kerchove juga memperingatkan bahwa serangan udara Barat dapat menimbulkan risiko serangan reaktif di Eropa, mengacu pada seorang pria Prancis yang diculik di Aljazair oleh pejuang IS beberapa waktu yang lalu.

“Itu jelas dengan Perancis karena tiga hari yang lalu [IS] mengeluarkan pernyataan yang mengatakan akan ada pembalasan terhadap koalisi,” ucap de Kerchove seperti dikutip BBC kemarin.

IS telah menduduki sejumlah wilayah di Irak dan Suriah selama beberapa bulan terakhir. Amerika Serikat telah meluncurkan lebih dari 200 serangan udara terhadap IS di Irak sejak 25 Agustus Pada hari Senin 22 September, AS mulai menargetkan kelompok di Suriah.

Menurut de Kerchove, meningkatnya jumlah orang Eropa bergabung dengan IS adalah karena deklarasi khilafah di Suriah dan Irak pada bulan Juni. Dewan Keamanan PBB akhirnya mengadopsi sebuah resolusi Rabu lalu, menyerukan negara-negara di seluruh dunia untuk mencegah warganya dari Bergabung dengan IS.

Central Intelligence Agency (CIA) memperkirakan bahwa jumlah anggota IS di Irak dan Suriah telah meningkat menjadi 31.000 orang, atau tiga kali lebih besar dari sebelumnya yang dikhawatirkan.

[MuhammadKhotb/HD]

Rate this article!
Tags: