India Berhasil Luncurkan Satelit Ke Mars

India Berhasil Luncurkan Satelit Ke Mars

HarianDepok.com – Berita – Internasional , India akhirnya berhasil menempatkan satelit Mars Orbiter Mission (MOM) di orbit Mars pada sidang pertama. Keberhasilan akan menjadi wahana penjelajah ruang angkasa pertama bagi negara dan membuat teknologi satelit India sama dengan AS, Rusia, dan Eropa.

MOM tiba di orbit Mars setelah diluncurkan pada tanggal 5 November 2013 dengan Indian Space Research Organization dari Sriharikota Stasiun Luar Angkasa di Benggala Bay. Mesin dengan kapasitas 24 menit membantu untuk memperlambat MOM untuk memastikan kecepatan pendaratan aman dan akan diambil oleh gravitasi Mars.

“Negara ini telah mencapai apa yang hampir mustahil. Kemungkinan ditumpuk melawan kita. Dari semua misi 51 berusaha ke seluruh dunia, hanya 21 telah berhasil. Kami telah menang,” kata Perdana Menteri India Narendra Modi.

Yang benar bahwa hanya AS, Eropa dan Rusia yang melakukan misi ke Mars. Satelit terbaru Amerika, Maven, juga telah tiba di Mars Senin lalu.

India telah menghabiskan anggaran sebesar US $ 74 juta (Rp886 miliar) untuk melakukan misi. Dengan anggaran itu, India menjadi salah satu negara dengan anggaran misi luar angkasa termudah yang pernah ada.

Setelah mendarat di Mars, misi MOM adalah untuk menangkap gambar dari planet dan mempelajari atmosfernya. MOM juga digunakan untuk mendeteksi metana yang merupakan indikator dari aktivitas biologis di Mars sebagai tanda-tanda kehidupan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: