Aktivis Anti-Korupsi Dukung Ahmad Jadi Komisaris KPK

Aktivis Anti-Korupsi Dukung Ahmad Jadi Komisaris KPK

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Aktivis Anti-korupsi telah menyatakan dukungan untuk Ahmad Taufik, komisaris calon KPK, di Bandung, Jumat 26 September 2014. Ahmad Taufik adalah salah satu dari enam calon yang lolos seleksi pimpinan KPK berdasarkan rapat pleno panitia seleksi pada tanggal 25 September 2014.

Salah satu aktivis, Furqan AMC, mengatakan ia cemas menunggu pengumuman. Furqan menambahkan dukungan untuk Ahmad datang dari berbagai orang.

“Semua orang mengambil bagian dalam mendukung Ahmad, dengan membuat siaran pers dan membangun jaringan di daerah-daerah, serta melobi politisi pro-demokrasi,” katanya.

Deklarasi ini dihadiri oleh aktivis dari era 70-an, 80-an dan 2000 di Bandung. Namun, Ahmad tidak bisa menghadiri deklarasi karena dia harus mengajar di sekolah komunikasi Stikom Bandung.

“Kami mendesak komite, Komisi III di DPR dan Presiden untuk menindaklanjuti panggilan publik dan dukungan [Ahmad],” kata Furqan.

Sementara itu presiden terpilih Joko Widodo mengatakan warga Jakarta tidak peduli tentang RUU Pilkada yang baru saja disahkan oleh DPR.

“Konstitusi mengatur bahwa kepala daerah akan dipilih secara langsung,” katanya di DPRD Jakarta (DPRD Jakarta) pada Jumat, September 26, 2014, mengacu pada Undang-Undang Nomor 29/2007 tentang administrasi wilayah ibukota khusus Jakarta .

Pasal 10 dari undang-undang menyatakan bahwa pihak Pemerintah Daerah Jakarta dipimpin oleh seorang gubernur dan wakil gubernur, yang dipilih secara langsung dalam pemilihan kepala daerah. Menurut Jokowi, Jakarta tidak terpengaruh oleh RUU Pilkada.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: