Keresahan Ahok Soal Kaum Minoritas

Keresahan Ahok Soal Kaum Minoritas

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pada hari Rabu, Jakarta menyaksikan Front Pembela Islam (FPI) memprotes Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Orang-orang kulit putih dan tentara percaya bahwa kelompok minoritas tidak harus memimpin kaum mayoritas.

Menanggapi protes tersebut, Ahok mengaku bahwa dia memang bagian dari komunitas kecil.

“Saya yang paling bahaya. Saya punya tiga minoritas: keturunan Cina, Protestan, dan dari Belitung yang semuanya minoritas di Jakarta,” ucapnya.

Oleh karena itu, masyarakat sering bingung soal stigma Ahok dengan berbagai isu-isu sensitif.

“Di Pasar Tanah Abang rumor mengatakan bahwa mereka pedagang tidak bisa lagi menjual ternak untuk Idul Adha,” katanya. Bahkan, ia menegaskan bahwa Pemprov DKI telah memberikan ruang khusus bagi para pedagang untuk menjual.

Ahok mengatakan dia tidak khawatir atau takut akan gelombang demonstrasi, ia percaya bahwa kewenangan, di bawah konstitusi, akan membantu melindungi dia.

Sementara itu Ahok bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), sayap pemuda terbesar organisasi Muslim di Indonesia, Nahdlatul Ulama, telah menyatakan kekecewaannya pada ratifikasi RUU Pilkada meskipun penolakan yang kuat terhadap RUU di seluruh negeri.

“Pengesahan RUU itu adalah seperti melihat reinkarnasi Soeharto dengan rezim Orde Baru,” kata Kepala GP Ansor Cabang Yogyakarta, Ambar Anto, Jumat.

Dia mengatakan reformasi yang telah berdiri sejak jatuhnya Orde Baru pada tahun 1998 kini telah hancur pada saat orang-orang telah belajar dan menjunjung nilai-nilai demokrasi melalui pemilihan langsung.

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: