Lebih dari 1 Juta Orang di Sierra Leone Dikarantina

Lebih dari 1 Juta Orang di Sierra Leone Dikarantina

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pemerintah Sierra Leone telah memerintahkan karantina di tiga kabupaten yang banyak masyarakatnya terkena virus Ebola. Sekitar 1,2 juta orang di Sierra Leone akan terisolasi sementara.

Presiden Enerst Bai Koroma mengumumkan Rabu malam, bahwa distrik utara Port Loko dan Bombali akan tertutup, bersama dengan distrik selatan Moyamba.

“Isolasi kabupaten dan chiefdom pasti akan menimbulkan kesulitan besar tapi kehidupan setiap orang dan kelangsungan hidup negara kita lebih diutamakan daripada kesulitan-kesulitan ini,” kata Koroma seperti dilansir Channel News Asia kemarin.

Sebuah data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa virus mematikan telah menginfeksi hampir 6.000 orang di Afrika Barat dan membunuh hampir setengah dari mereka. Di Sierra Leone saja, total dari 1.813 orang telah terinfeksi oleh virus dan 593 di antaranya meninggal. Awal pekan ini, WHO melaporkan bahwa Ebola telah menginfeksi 5.864 orang, menewaskan 2.811 dari mereka. Di Liberia, Ebola telah menewaskan 1.578 orang. Di Guinea, 632 dari 1.008 orang meninggal karena infeksi.

The Mirror sebelumnya melaporkan bahwa dua perempuan di usia 40-an dan 60-an meninggal karena Ebola di Nimba County, Liberia. Mereka kemudian bangkit dan sekarang hidup.

Para korban diidentifikasi sebagai Dorris Quoi dan Ma Kebeh. Keduanya dibawa untuk dimakamkan namun saat hendak dimakamkan, mereka bangkit dari kematian. Wanita yang terakhir dikatakan mati karena telah sakit selama dua hari tanpa makanan dan obat-obatan.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: